Saturday, December 7, 2013

Rekam Jejak "Indonesia Entrepreneur Camp 2013"

21 - 24 November 2013
Malang




"Tak ada hal yang sia-sia di dunia ini". Mungkin kata itu cukup mewakili apa yang saya alami. Semester lalu, saya mengambil mata kuliah Kewirausahaan sebagai mata kuliah pilihan bagi mahasiswa pendidikan matematika. Mengapa saya mengambil mata kuliah ini? Alasannya sederhana, karena saya mau punya usaha sendiri. Pada mata kuliah ini, setiap mahasiswa di wajibkan untuk membuat business plan. Akhirnya, ide pun datang kepada saya. Alhasil, saya membuat business plan yang berjudul " Cookies BeKen (Beras Kencur) Sebagai Alternatif Makanan Ringan yang Menyehatkan".


Business Plan ini membawa saya menjadi 10 besar pada kompetisi Entrepreneur Seminar and Competition yang diadakan oleh BEM FMIPA pada bulan Juli lalu. Tak hanya sampai itu, business plan ini juga menghantarkan saya menjadi peserta pada acara IEC 2013 ( Indonesia Entrepreneur Camp) yang diadakan oleh Universitas Brawijaya, Malang. Senang mendapat kabar bahwa saya dinyatakan lolos sebagai peserta acara nasional kali ini (walau tak lolos 10 besar).


Saya pun tak sendiri. Kali ini, ada tiga mahasiswa UNJ yang lolos juga. Saya perkenalkan yang pertama adalah Bang M. Handar FIS dan Indah Dwi Astuti FMIPA. Kami bertiga berencana untuk ikut acara ini bersama-sama. 



Tiket PP pun sudah ditangan. Namun, manusia hanya bisa berencana, tapi Allah lah yang menentukan segalanya. Akhirnya, H-1 dengan segala hambatan Bang M. Handar tidak bisa ikut karena dikejar deadline Seminar Pra Skripsi. Alhamdulillah, ditengah hiruk pikuknya semester 7 ini, saya masih bisa ikut acara nasional.


Tibalah saatnya, Rabu 20 November 2013 saya dan Indah bertemu di Stasiun Senen. Perjalanan Jakarta-Malang kali ini menghabiskan waktu sekitar 18 Jam. Perjalanan yang cukup melelahkan. Kami pun tiba di St. Kota Malang sekitar pukul 7.10, meleset beberapa menit jika dibandingkan dengan prediksi di tiket.

Tiba di stasiun, kami pun sudah ditunggu oleh LO dari pihak panitia. Sampai akhirnya kami tiba di Universitas Brawijaya, sebuah universitas yang megah, dan dalam masa pembangunan.
Acara pembukaan IEC pada hari ini akan di mulai jam 14.00. Sambil mengunggu peserta lainnya datang, kami semua dikumpulkan di gedung Widyaloka. Bingung. Itu adalah kata pertama saat itu. Event kali ini hanya beberapa orang saya yang saya kenal di event-event nasional yang telah saya ikuti. Ada mba Nabila (UNDIP) sudah 3x saya bertemu dengannya, ada mba Binta (UGM dan ternyata teman SD nya Indah) sudah 2x bertemu dengannya, sama hal nya dengan mas Estuadi (ITS). Sisanya merupakan wajah-wajah pemuda hebat yang baru saya lihat dari seluruh nusantara.

Indonesia Entrepreneur Camp 2013 " Pemuda Peduli, Indonesia Mandiri"

Itulah jargon dalam kegiatan kali ini. Jargon yang penuh dengan makna bagi bangsa Indonesia saat ini. Kepedulian pemudalah yang dapat membantu bangsa ini menjadi mandiri, salah satunya di bidang Kewirausahaan. Saat ini jumlah wirausaha di Indonesia hanya 570.339 orang atau 0,24% dari jumlah penduduk yang sebanyak 237,64 juta orang. Padahal untuk jadi bangsa maju, dibutuhkan wirausaha minimal 2% dari jumlah penduduk. Oleh karena itu, disinilah peran pemuda untuk menjadikan bangsa ini semakin maju dan mandiri.


Selama empat hari disana saya mendapatkan banyak motivasi, pengalaman, dan tentunya teman-teman baru. Walau banyak pembicara yang tak jadi mengisi di acara ini, untungnya panitia menyuguhkan pembicara yang luar biasa. Ada bang Jay Teroris, Mba Dewi Tanjung, Hamzah, mba Mike (Owner Burger Buto), Pak Unggul (Pemilik Republik Telo) dll yang memberikan semangat dan inspirasi. Intinya, untuk menjadi seorang entrepreneur kita harus mau rugi. Berani mengambil resiko adalah hal dasar bagi seorang entrepreneur. Berani gagal , penuh pengorbanan tentunya dan take action.

Dari pengalaman ini, saya mendapatkan banyak inspirasi. Tentunya membangkitkan semangat saya untuk memulai bisnis. 

 *kunjungan ke Republik Telo

 *Kunjungan Ke Agrowisata Batu Malang

 Pemaparan materi oleh Bpk. Unggul (Pemilik Republik Telo)

 My Roomate (Galih, gue, Wawan, Hamdi, Indra, Nanang)

 *narsis (lagi)

 *mba Mike (Owner Burger Buto,, burgernya enak lho)




Dokumentasi selengkapnya: Di sini

1 comments:

Unknown said...

Merindu kisah lalu

Pages

Blogger templates

My Tweets

Twitter icon

Loading..

My Shoutbox

. . .

<a href=http://zawa.blogsome.com>Zawa Clocks</a>

The Visitor Number

Free Counters

It's About Me

My photo
Jakarta, Indonesia
A learner who is highly passionate in mathematics education, community development and eco-volunteerism

Followers