Saturday, March 29, 2014

Secarik Memori SwitchCamp2014

Awalnya tak menyangka bisa terpilih menjadi salah-satu dari 100 pemuda seluruh Indonesia dalam acara SwitchCamp yang diadakan oleh 350Indonesia. Ya, saya memang tertarik untuk belajar mengenai lingkungan atau perubahan iklim walau background pendidikan yang saya miliki adalah Mathematics Education. Setelah dinyatakan lolos oleh panitia, saya sempat ragu untuk mengikuti acara ini atau tidak dikarenakan sampai sekarang proposal skripsi saya tak kunjung selesai *curhat sedikit haha...

Akhirnya setelah mendapatkan dukungan dari teman-teman kampus saya pun memilih ikut acara ini. Alasannya sederhana, saya mau belajar dari orang-orang yang kompeten dibidang lingkungan untuk menambah pengalaman saya tentunya. Selain itu, saya juga ingin mengenal, belajar, dan berbagi dengan peserta lain yang sangat menginspirasi saya. "Karena belajar tak hanya ada di dalam kelas."

Ya, akhirnya saya pun berangkat ke Jogja bersama Ipul (UNISMA, MC keren sekaligus yang pegang Muara Gembong nih) sama Nada (UNJ, cewe yang keren dengan aktivitas hijaunya di kampus). Ini mungkin ketiga kalinya ketemu sama si Ipul, setelah sebelumnya bertemu di event lain. Dan ini pertama kalinya kenal Nada, yang satu almamater dengan saya. Sungguh, mereka berdua sangat menginspirasi saya dengan aktivitas mereka yang peduli dengan lingkungan.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 10 jam, akhirnya sampai juga di Jogja. Ternyata kami datang di kloter pertama. Di ruang tunggu Stasiun Tugu tepatnya kita berkenalan dengan peserta lain yang telah datang juga. Sampai akhirnya, tiba di tempat acara. Tempat yang begitu indah bagi saya. Sepertinya tak ada tempat seperti ini di Jakarta. Setelah registrasi, kami pun bergegas mencari kamar masing-masing. Karena bingung dengan lokasi kamar, akhirnya peserta cowok kloter pertama singgah terlebih dahulu di tempat makan.

Inilah yang ditunggu-tunggu ,,, Makaaaan (ada lele goreng, urab, sambel, semangka, Mantaff) Haha... Mulailah disini kita berbagi sedikit tentang kesibukan di kampus maupun di luar kampus. Setelah bertanya, akhirnya kita menemukan kamar masing-masing. Dan istirahat sambil menunggu peserta yang lain tiba...

Sampai akhirnya malam pun tiba dengan sendirinya. Ternyata di kamar Rajawali 1 sudah ada 6 orang peserta termasuk saya. Ada Nuzul, Gilang, Andri, Eli, dan Fahmi. Perbincangan malam pun tak jauh dari sharing-sharing kondisi kampus dan perkuliahan. Disini saya mendapatkan teman-teman baru yang sangat asik dari berbagai background pendidikan yang berbeda.

Singkatnya, selama beberapa hari mengikuti switchcamp saya mendapatkan keluarga baru yang memiliki satu tujuan yang sama untuk bumi yang lebih hijau. Disini saya belajar mengenai kondisi lingkungan di dunia saat ini serta kondisi lingkungan dari daerah masing-masing. Disini juga kita bekerjasama untuk membuat action plan sebagai salah satu solusi untuk permasalahan di sekitar lingkungan, seperti masalah pengalihan lahan hutan untuk lahan pemukiman di daerah Bandung. Semoga pasca acara ini kita semua dapat berkolaborasi bersama untuk membuat aksi-aksi kreatif selanjutnya... *Planning ke depan saya dan Nada rencananya ingin memanfaatkan kertas-kertas yang berserakan di kampus untuk di daur ulang dan dibuat menjadi buku #savepaper

Dan yang paling seru dari acara ini adalah adanya beberapa track yang difokuskan untuk masing-masing peserta. Dan saya pun memilih track 'Artivism'. Di track ini saya belajar banyak sekali dari mba Nova, mba Fitri, Mas Sigit dkk yang dengan sabar dan semangatnya berbagi dengan kami semua. Yang paling terlihat saya belajar seni cukil dan stensil yang dapat dimanfaatkan sebagai pembuatan media kampanye lingkungan.

Terima Kasih untuk semua panitia yang telah membuat acara ini keren. Terim kasih untuk teman-teman, mentor masing-masing track, pengisi materi dan panitia (lagi) yang memberikan banyak inspirasi bagi saya. Mohon maaf juga bila ada kesalahan yang saya perbuat baik yang disengaja maupun tidak. Mungkin tulisan ini tidak bisa menggambarkan semua memori yang ada diingatan ini .. *asiiiiik :D

*cukil

Upload foto menyusul ......

0 comments:

Pages

Blogger templates

My Tweets

Twitter icon

Loading..

My Shoutbox

. . .

<a href=http://zawa.blogsome.com>Zawa Clocks</a>

The Visitor Number

Free Counters

It's About Me

My photo
Jakarta, Indonesia
A learner who is highly passionate in mathematics education, community development and eco-volunteerism

Followers